Selasa, 19 Juli 2016

Pantangan Makanan Penderita Maag Dan Asam Lambung

Pantangan Makanan Penderita Maag Dan Asam Lambung - Sakit maag merupakan penyakit lambung yang sangat mengganggu dan terkadang penyakit tersebut muncul secara tiba tiba saat tengah menjalankan aktifitas. Biasanya penderita maag adalah mereka yang tidak memperdulikan pola makan. Sebenarnya pola makan yang teratur pada penderita maag ini sangat dibutuhkan.

Meskin sering muncul dan banyak ornag yang menanggapnya remeh. Sering kali banyak orang yang mengabaikan penyakit ini padahal dengan semakin dibiarkan penyakit ini akan semakin parah dan bisa menyebabkan penyakit kronis lainnya seperti kanker lambung.

Seseorang yang menderita maag terkadang ada yan salah dalam makanan yang dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan pedas menjadi pemicu penyakit maag datang tidak hanya makananpedas saja, tetapi juga makanan yang mengandung banyak lemak dan makanan yang asam.

Untuk mencegah kambuhnya penyakit maag akibat salah mengkonsumsi makanan ada baiknya anda untuk mengetahui apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag tersebut.
Makanan pantangan tersebut seperti :
  • Gorengan
Makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak sudah pasti mengandung banyak minyak yang bisa memicu naiknya asam lambung. Karena makanan yang digoreng dapat memicu naknya gas pada asam lambung serta memicu nyeri pada kerongkongan dan nyeri ulu hati.
  • Susu Olahan Tinggi lemak
Segala jenis makanan yang diolah dari susu dan mengandung tingg lemak harus dijauhi secepatnya oleh penderita maag. Hal ini jelas tidak baik untuk kesehatan terutama pada lambung. Produk lain yang harus di hindari yakni keju dan mentega yang memiliki lemak yang sangat tinggi.
  • Cokelat
Coklat merupakan makanan pantangan berikutnya yang harus dihindari oleh penderita maag. Hal ini karena coklat mengandung kafein yang cukup banyak yang dapat memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan penyakit maag.
  • Produk hasil Permentasi
Produk hasil permentasi seperti oncom dan tape  sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit karena tentu ini berbahaya untuk kesehatan dan meningkatkan asam lambung anda. Namun produk olahan yang lain masih bisa dikonsumsi yakni yoghurt dan tempe.
  • Buah buahan yang mengandung gas
mengkonsumsi jenis buah yang mengandung gas sangat tidak dianjurkan untuk penderita maag. Buah buahan tersebut seperti : nanas, nangka, rambutan, durian yang merupakan beberapa dari buah buahan yang tidak dianjurkan untuk penderita maag. Buah buahan tersebut mengandung gas yang sangat tinggi yang menyebabkan perut menjadi kembung dan memicu asma lambung naik.
  • Minuman Bersoda
Minuman mengandung soda bukanlah minuman sehat yang sehat dan pantas dikonsumsi sebagai minuman harian. Karena minuman tersebut terbukti berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis yang tinggi. Jenis minuman bersoda ini dapat memicu naiknya kadar asam lambung bila dikonsumsi dalam jangka panjang.
  • Kopi Dan Teh
anda penggemar kopi ?? hati hati mengkonsumsi berlebihan bisa memicu naiknya asam lambung. karena kandungan kafein yang memicu naiknya asam lambung tersebut. Untuk anda yang ingin terhindar dari asam lambung sebaiknya kurangi minum kopi dan teh lebih baik perbanyak mengkonsumsi air putih yang terbukti bagus untuk pencernaan dan metabolisme tubuh.
  • Daging
Kebanyakan jenis daging merah, daging unggas dan ikat dapat ditoleransi dengan baik meskipun anda memiliki riwayat sakit maag. Pilihan dagiang yang terbaik ialah daging tanpa lemak, daging yang lembut, daging unggas tanpa kulit, ikan, dan juga kerang. Anda bisa mengganti daging dengan produk kacang kedelai seperti tahu dan tempe. Untuk mengkonsumsinya pun hindari dengan memasaknya dengan cara di goreng ataupun di bumbui pedas. Biasanya cara yang  tepat untuk penderita maag adalah dengan cara membakarnya.
  • Cabai

Cabai sudah pasti memiliki rasa yang pedas dan sudah anda ketahui jika makanan pedas sangat tidak di peruntukan bagi penderita maag karena dapat memicu naiknya asam lambung . Bukan hanya itu, asam lambung yang naik juga dapat melukai lambung sehingga terdapat luka dan borok pada lambung yang menyebabkan infeksi dan iritasi. 



Itulah beberapa jenis pantangan makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita maag dan asam lambung. Salah sedikit saja dalam mengatur pola makan maka bisa menyebabkan adanya penyakit lambung  dan maag. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: