Kamis, 25 Juni 2015

Seberapa bahaya penyakit anemia

Seberapa bahaya penyakit anemia

Seberapa bahaya penyakit anemia bagi kesehatan ? Anemia atau kurang darah memang bukan merupakan penyakit yang mematikan, meskipun begitu anda perlu tahu bahaya dari penyakit ini, dan berikut adalah penjelasannya.

Seberapa bahaya penyakit anemia bagi kesehatan ?

seberapa bahaya penyakit anemia
  • Mual. Mual – mual merupakan salah satu gejala yang dapat menunukkan anemia. Biasanya mual – mual ini terjadi pada pagi hari atau biasa disebut dengan istilah morning sickness ketika anda baru bangun tidur.
  • Sakit kepala. Darah memiliki fungsi untuk mengalirkan dan mengedarkan oksigen ke seluruh anggota tubuh. Ketika anda mengalami kekurangan darah, maka secara otomatis peredaran oksigen di dalam tubuh pun akan ikut terhambat. Hal ini menyebabkan pasokan oksigen ke bagian otak juga akan terhambat, dan akan menyebabkan gejala – gejala seperti Pusing, Sakit kepala, Vertigo, Migrain, dan Konsentrasi menurun.
  • Sesak napas. Sesak nafas memiliki kaitan yang erat dengan fungsi darah dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dengan kurangnya darah, maka transportasi oksigen akan tidak lancer, yang dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan, seperti Sesak nafas, Asma, Batuk – batuk, Nyeri pada bagian dada, dan Mudah mengantuk serta Mudah merasa lelah.
  • Pucat pada bagian ujung jari. Sering anda lihat, ujung jari anda? ujung jari yang normal biasanya berwanra kemerahan atau berwarna pink. Hal ini disebabkan oleh sel darah merah yang berkumpul pada ujung – ujung jari anda. kekurangan sel darah merah dapat dilihat dari bagian ujung jari anda, apabila terlihat putih pucat, maka dipastikan anda mengalami anemia atau kurang darah.
  • Denyut jantung tidak teratur. Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah agar dapat tersalurkan ke selurh tubuh. Namun, apabila mengalami kekurangan darah, maka kerja jantung akan menjadi tidak optimal. Hal ini berpengaruh kepada detak jantung yang tidak normal dan teratur.
  • Menurunnya imunitas tubuh. Sel darah merah juga dapat berpengaruh terhadap menurunnya imunitas tubuh anda. dengan menurunnya imunitas tubuh, maka penyakit – penyakit lain kemungkinan akan hadir ke dalam tubuh, karena imun tubuh tidak sanggup menahannya. Penyakit tersebut dapat berupa penyakit yang ringan, hingga penyakit yang kronis, antara lain Flu, Batuk, Demam, Demam Berdarah, Pegal – pegal, Dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan oleh menurunnya imunitas tubuh.
  • Sering merasa lelah. Kekurangan darah memiliki ciri – ciri lan, yaitu anda akan merasakan kelelahan, seperti mengerjakan sesuatu yang ringan saja dapat membuat tubuh menjadi lelah. Hal ini disebabkan oleh oksidasi dari sel darah merah yang berkurang, sehingga akan berpengaruh pada kekuatan tubuh, yang mengakibatkan Tubuh terasa lemas, Merasa letih dan Sepertinya tidak mampu untuk bangun dan beraktivitas secara normal.
  • Pucat pada bagian kelopak mata. Bagian dalam kelopak mata merpakan salah satu bagian yang dapat dengan mudah anda deteksi ketika anda mengalami anemia atau kurang darah. Bagian dalam kelopak mata ini biasanya berwarna merah darah, yang menandakan anda tidak mengalami kekurangan darah. Namun tentunya, ketika anda mengalami kurang darah, bagian kelopak mata ini akan terlihat pucat, karena kurangnya sel darah merah pada tubuh anda. 
Itulah bahaya dari penyakit anemia yang bisa di timbulkan. Dengan adanya artikel ini pertanyaan tentang Seberapa bahaya penyakit anemia terjawab sudah. Terima kasih atas kunjungan anda, dan semoga sehat selalu.

Seberapa bahaya penyakit anemia

Previous Post
Next Post

0 komentar: