Senin, 29 Juni 2015

Makanan Bagi Penderita Stroke

Makanan Bagi Penderita Stroke 

Makanan Bagi Penderita Stroke ,- Inilah Makanan Sehat Yang Harus Diketahui Penderita Stroke Dan Wajib Untuk Di Konsumsi .


Berusaha menjaga makanan yang sangat baik setelah terjadinya stroke adalah merupakan kunci untuk pemulihan dan penyembuhan. Jika kita mampu memilih makanan sehat dapat membantu mengontrol tekanan darah, berat badan dan dapat mengurangi resiko seseorang untuk mengalami stroke yang lain, dan dapat membantu dengan tuntutan terapi stroke dan kegiatan sehari-hari lainnya.

Gejala Serangan Stroke

Mengenali berbagai macam gejala stroke dapat meringankan resiko stroke yang lebih berat. Pada umumnya stroke ditandai dengan timbulnya beberapa gejala di bawah ini:
  • Penderita akan mengalami kelemahan pada bagian wajah, kaki dan lengan. Terkadang beberapa penderita juga mengalami mati rasa pada anggota tubuh sebelah.
  • Hilangnya kemampuan untuk melihat pada satu atau dua mata sekaligus.
  • Timbulnya kesulitan berbicara dan kesulitan komunikasi lainnya.
  • Mengalami sakit kepala yang parah tanpa gejala.
  • Tubuh akan menjadi tidak stabil sehingga sering menyebabkan penderita stroke jatuh.
  • Penanganan untuk penderita stroke biasanya dilakukan dengan berbagai cara.

Makanan Bagi Penderita Stroke 


Berikut ini adalah makana di tambah buah-buah segar yang harus di konsumsi oleh penderita stroke sekarang juga :

Pisang

Pisang merupakan salahsatu buah yang telah dikenal dapat mencegah penyakit stroke, selain mencegah, pisang juga dapat membantu memulihkan kondisi penderita stroke. Mengkonsumsi 3 pisang setiap hari dapat mengurangi resiko terkena penyakit stroke. Menurut penelitian yang dilakukan American college of cardiology kita membutuhkan 1.600mg kalium untuk mencegah stroke, dan pisang memiliki 500mg kalium, kalium tersebut sangat dibutuhkan untuk mencegah dan mencairkan pembekuan darah sebagai penyebab stroke.

Apel Dan Pir

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan journal of the American Heart Association, semua buah yang memiliki kulit daging berwarna terang dapat mencegah penyakit stroke, dan sangat baik untuk penderita stroke

Jeruk Dan Kiwi

Buah jeruk dan kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, 100gram jeruk mengandung 54mg vitamin C, dan 100gram kiwi juga mengandung 100gram vitamin C. Buah-buahan ini mengandung antioksidan tinggi, lutein, dan beta karoten serta kalium yang cocok untuk pendrita stroke dan sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah.

Kulit manggis

Siapa yang mengira dalam kulit buah manggis terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan berfungsi menangkal radikal bebas dan melancarkan aliran darah, yang mana salah satu penyebab penyakit stroke adalah karena terjadinya penyumbatan darah.

Kurma

Ternyata kandungan gizi yang terdapat dalam kurma sangat tinggi, diantaranya 100 gram kurma mengandung vitamin A 50 IU, tanin 0,09 mg, serta kalium 666mg. sementara itu, tiamin sangat penting untuk sel-sel saraf, dan niasin menjaga fungsi normal saraf.

Buah Tin

Buah yang satu ini sangat terkenal di dalam Al-Quran. buah ini juga berbuah tidak mengenal musim. walaupun saat ini mulai dibudayakan di Indonesia, namun buah ini belum terlalu populer.

Buah Bit

Buah bit adalah sejenis tumbuhan biji-bijian yang kaya akan gizi. Terasa jarang mendengar nama buah ini.  meminum jus buah ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengatasi stroke karena mengandung nitrat.

Anggur

Anggur memiliki kandungan gizi yang kaya, selain daging nya mengandung kalium bijinya mengandung endungeoned pycnogenol, zat penguat kologen yang bisa melenturkan pembuluh darah (anti aging) yang berarti secara tidak langsung mencegah terjadinya stroke. Bahkan kulit anggur juga sangat kaya akan flavonoid yaitu zat yang mampu menghalau radikal bebas, karena kulit anggur mengandung zat oksidan lebih tinggi dibanding dengan vitamin C.

Semangka

Kemampuan semangka mengoksidasi kolesterol yang menempel pada dinding pembuluh darah itulah yang dikaitkan dengan penurunan risiko atau pencegahan serangan jantung dan stroke.

Mangga

Selain vitamin C, mangga juga kaya akan kalium. Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.


Previous Post
Next Post

0 komentar: