Senin, 29 Juni 2015

Bahaya Komplikasi Kolesterol Tinggi

Bahaya Komplikasi Kolesterol Tinggi

http://www.ramuanherbal.co.id/2015/06/bahaya-komplikasi-kolesterol-tinggi.html
Kolesterol merupakan zat baik yang diperlukan oleh tubuh. Zat ini memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk membantu perkembangan jaringan otak dan syaraf namun jika kolesterol pada tubuh kita berada pada kadar yang terlalu tinggi hal ini dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan tubuh kita dan dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti penyakit cardiovaskular (pembulu darah)  seperti ; Arteoklorosis, Hipertensi, Penyakit Jantung,  gagal ginjal,  Stroke, bahkan KEMATIAN bila tidak cepat ditangani.

Penyempitan Arteri ( Arteosklorosis)
 
Arterosklorosis  adalat penyakit dimana terjadi penyemitan akibat penyumbatan pembuluh darah akibat plak (Kolesterol LDL) yang akhirnya mengganggu aliaran darah. Bagian dalam arteri dilapisi oleh endothelium, lapisan sel tipis yang berfungsi menjaga arteri tetap kencang dan mulus. Arteri yang mulus membuat peredaran darah ke jantung tetap lancar. Ketika endothelium rusak karena pengaruh tekanan darah tinggi, efek merokok, atau kolesterol tinggi, saat itulah plak mulai terbentuk. Akibatnya arteri menjadi tebal dan tidak lentur sehingga menurunkan aliran darah ke jantung dan Otak. Resiko Arteoklorosis 2,5x lipat bila kadar kolesterol total ≥ 200mg/dL,  Kadar LDL > 160 mg/dL, kadar  HDL < 40 mg/dL, dan  Trigliserida 200 mg / dL.
 
Bila penyempitan pembuluh darah trjadi di jantung maka, dapat mengakibatkan darah sulit untuk di transfer/sialirkan ke jantung dan akhirnya menyebabkan SERANGAN  JANTUNG. Apabila  ada penyumbatan pada pembuluh darah otak maka, akan menyebabkan STROKE bahkan kematian mendadak.

Penyakit Jantung Koroner
 
Penyakit jantung Koroner merupakan tahap lanjut dari Arteoklorosis. Plak yang menempel pada pembuluh darah arteri koroner dapt menghalangi sirkulasi nutrisi dan Oksigen masuk melalui darah dan akhirnya dapat mengakibabkan  Angina (Nyeri Dada) yang berpotensi pada serangan jantung.
Darah yang seharusnya masuk ke jantung akan terhambat oleh plak/lemak dapat pecah dan membentuk kerak darah (Trombus) sehingga keping kerak dapat terbentuk di tempat kontraksi yang akan merusak otot/jaringan pada  jantung.  Sehingga fungsi jantung melemah/ tidak optimal.
            
Gejala dan Ciri-ciri penyakit Jantung sebagai berikut.

1.    Cepat merasa lelah dan banyak mengeluarkan keringat dalam melakukan aktivitas berat/ringan.
2.    Nyeri di dada hingga dirasakan sampai tulang belakang, nyeri berlangsung 30 detik hingga 5 menit
3.    Jantung berdebar cepat, pusing dan lemah
4.    Sakit kepala apabila melihat cahaya kondisi ini terjadi karena penyimpangan sirkulasi darah.

Stroke
 
Stroke adalah penyakit dari gangguan saraf otak yang mnyebabkan kerja saraf pasif karena kekeurangan Oksigen yang menyebabkan sel-sel otak mati . Cerebrovascular deseas ( Penyakit pembuluh darah) Plak yang pecah di pembuluh darah dapat menyebabkan stroke, yang bisa berujung pada kerusakan otak.

1.    Mati rasa pada wajah, lengan, kaki di satu sisi tubuh
2.    Kebingungan dan masalah berbicara merupakan tanda-tanda seseorang mengalami stroke.
3.    Pusing dan sakit kepala parah dan mengalami masalah berjalan
4.    Hilang penglihatan di satu atau kedua mata.

Hipertensi
 
Hipertensi (darah tinggi) adalah sejenis penyakit yang  ditandai meningkatnya tekanan darah.  Hipertensi dapat disebkan oleh depresi dan kolesterol tinggi yang menyebabkan siklus darah tidak lancar sehingga, terjadi tekanan yang menyebabkan otak memproduksi hormon kortisol lebih banyak yang merupakan hormon emosi maka, emosi pun meningkat ( sering marah-marah ).
Hipertensi terjadi karena penyempitan arteri yang menyebabkan darah tidak lancar sehingga dapat terjadi komplikasi pada jantung.
Tekanan darah normal 120/80 mmHg.

Diabetes Melitus (Tipe 2)
 
Penyakit gula (diabetes) merupakan penyakit kelebihan gula dalam darah . Gula mengandung lemak yang dapat dikelompokan sebagai lemak jahat bila kadarnya berlebihan yang dapat menyebabkan Hiperglikemik. Makanan yang mengandung gula dan pola hidup yang tidak sehat dapat memicu diabetes dan dpat berakhir pada kerusakan ginjal.

Mengatur pola makan adalah cara mudah agar terhindar dari kolesterol tinggi, pola makan juga harus di barengi oleh gaya hidup sehat dengan selalu rajin untuk berolah raga. 

Previous Post
Next Post

0 komentar: